Penerapan Metode Pembiasaan pada Kompetensi Dasar Menjelaskan Ketentuan Salat Berjemaah di MTs Asyrofuddin Conggeang Sumedang

Main Article Content

Labisal Fitri Al Qolbi
IAI Bunga Bangsa Cirebon

Penelitian ini bertolak pada kegiatan yang menjadi sebuah kewajiban selaku hamba Allah yang senantiasa diperintahkan untuk mengerjakannya. Penelitian ini didasarkan pada konsep pendidikan Islam yang secara normatif mengarahkan manusia memperoleh kebahagiaan baik dunia maupun akhirat secara seimbang. Penelitian ini berasumsi terhadap penerapan metode pembiasaan dalam melaksanakan salat berjemaah dengan harapan dapat memberikan sebuah kemudahan kepada para peserta didik guna memahami ketentuan-ketentuan tentang salat berjemaah tersebut. Dengan terbiasanya siswa melaksanakan salat berjemaah diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang islami, sopan, displin membagi waktu juga mahir dalam kegiatan sosial. Karakteristik seseorang bisa dirubah dengan terbiasanya melakukan kegiatan yang menjadi tujuan, seperti halnya salat berjemaah. Lebih terbiasanya siswa dalam melaksanakan salat berjemaah maka karakteristik cenderung lebih disiplin membagi waktu dalam kegiatan sehari-hari. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah dengan menggunakan metode pembiasaan ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang ketentuan salat berjemaah. Dengan pemahaman yang semakin baik terhadap ketentuan salat berjemaah maka siswa akan semakin baik dan teliti dalam melaksanakan ibadahnya yaitu salat berjemaah dan amaliah lainnya. Selain itu, pemahaman siswa tentang ketentuan salat berjemaah menjadi semakin optimal dengan menggunakan metode pembiasaan ini, terbukti dengan berkurangnya siswa yang sering memilih saf di belakang daripada saf di depan


Keywords: Metode Pembelajaran, Salat Berjemaah, Kompetensi